Jumat, 27 September 2013

REKOMENDASI FILM UNTUK NOBAR DI SEKOLAH

     Dalam upaya menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik bagi siswa, seorang guru harus berupaya semaksimal mungkin membuat suasana kelas yang aktif dan menjauhkan hal yang menimbulkan rasa bosan bagi siswa.
     Guru tentu sudah mempunyai banyak jurus jitu untuk menciptakan suasana belajar yang ideal. Tapi bagaimanapun juga ulah para pembelajar kesayangan kita tentu tidak ada habisnya. Pasti ada saja suatu hal yang muncul dan bisa mengacaukan suasana belajar yang tadinya kondusif.
     Salah satu alternatif yang tentu sudah banyak dicoba oleh para guru adalah nonton film. Sudah barang tentu film yang ditayangkan adalah film yang ada hubungannya dengan pendidikan. Cukup banyak film Indonesia yang menyajikan tontonan bermuatan pendidikan dan mudah kita dapatkan di youtube. Tentu tidak ada alasan lagi bagi guru untuk mengatakan hal ini sulit diwujudkan.
     Setelah "nobar" bersama-sama siswa tentunya sang guru jangan sampai lupa melakukan refleksi atas apa yang telah ditonton siswanya. Dengan harapan menumbuhkan karakter-karakter positif yang bisa diambil dari pesan tersirat dalam film tersebut.
Berikut beberapa judul film yang layak dibuat nobar guru dan siswa :

1. LASKAR PELANGI
2. HAFALAN SHOLAT DELISA
3. SERDADU KUMBANG
4. TANAH SURGA KATANYA
5. NEGERI 5 MENARA
 Semoga bermanfaat.




2 komentar: