Laman

Total Tayangan Laman

Rabu, 02 Januari 2013

MENGATASI MASALAH PRINT SPOOLER SERVICE NOT RUNNING

Suatu ketika saat mencetak sebuah dokumen, ternyata printer tidak merespon, jendela proses pencetakan pun tak muncul di layar komputer. Setelah dicoba dengan komputer lain ternyata printer bisa jalan dan tidak ada masalah. Jadi sudah jelas yang bermasalah adalah komputer bukan printernya.

Akhirnya saya cek konektivitas komputer dengan printer pada control panel. Ternyata muncul peringatan "print spooler service not running". Biar tidak terlalu pusing langsung saja saya searching di internet dan menemukan banyak artikel untuk masalah tersebut.

Kebanyakan dari artikel tersebut memberikan solusi dengan langkah-langkah berikut :

1. Klik start > run > ketik services.msc
2. Cari "print spooler", klik kanan dan pilih properties
3. Pada start up type pilih "automatic" kemudian klik start

Setelah saya coba langkah-langkah tersebut ternyata tidak berhasil. Sekali lagi searching di internet dan akhirnya saya temukan artikel yang menyatakan bahwa ada virus yang bisa menghapus file-file layanan untuk printer pada sistem. File tersebut antara lain :

File yang dihapus pada folder windows
- winspool.drv
- winspool.exe
- spoolss.dll
- folder spool
file yang dihapus pada folder windows/system32
- spoolsv.exe

Untuk mengembalikan file-file tersebut pada sistem komputer kita, maka kita harus copy dari komputer lain kemudian melakukan copy paste pada foldernya masing-masing. Setelah tercopy semua file lalu restart komputer. Saya ulangi kembali langkah-langkah di awal (services.msc) akhirnya printer pun bisa digunakan kembali. Ternyata tidak sulit mengatasinya.

Semoga bermanfaat . . . . . . . . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar